Bogor Sar Community

ACS -Daerah Bogor dan sekitarnya mempunyai kontur alam yang sangat beragam, mulai dari dataran rendah, dataran tinggi hingga pegunungan. Keragaman kondisi tersebut berakibat pada rawannya daerah tersebut terhadap gangguan alam, apalagi saat musim hujan tiba. Bencana tersebut antara lain tanah longsor hingga banjir bandang. Untuk mengatasinya kemudian banyak berdiri komunitas, ataupun tim penanggulangan bencana alam.




Untuk dapat mengakomodir seluruh komunitas SAR yang ada, kemudian dibentuklah sebuah komunitas induk, yakni Bogor SAR Community (BSC).

“Sebelumnya koordinasi komunitas SAR dan BPBD di lapangan masih terlihat lemah, sehingga langkah penanggulangan belum maksimal. Karena itu, melalui BSC, diharapkan koordinasi akan berjalan optimal di bawah BPBD, sebagai pemegang rantai komando,” jelas Iwan Firdaus, S. Ag selaku Ketua Bogor SAR Community (BSC).

Iwan juga mengatakan bahwa,anggota yang berkumpul berasal dari organisasi baik instansi maupun non instansi, profit ataupun non profit yang berada di wilayah kota, serta kabupaten Bogor. “Mereka semua mempunyai kepedulian yang sama terhadap kejadian musibah, ataupun bencana yang terjadi,” ujarnya.

Mengenai pendanaan, Komunitas yang memiliki sekretariat bersama sebagai pusat informasi dan koordinasi di DELTA Rescue, Brimob Resimen, jalan Pelopor, Kedung Halang, Kota Bogor dan BPBD Kabupaten Bogor di jalan Setu Cikaret, Kabupaten Bogor ini, mengumpulkan sumbangan dari anggota BSC, ataupun usaha-usaha lain yang halal serta tidak mengikat.

Komunnitas ini telah banyak melakukan banyak kegiatan. Mulai dari mendata potensi kekuatan personil dan peralatan yang dapat digunakan pada saat musibah ataupun bencana, menyiapkan frequensi radio bersama untuk kegiatan koordinasi dan pada saat operasi terjadinya musibah, maupun bencana.. Termasuk didalamnya dengan mengadakan pertemuan berkala, dalam rangka membahas peningkatan pengembangan potensi BSC.

Komunitas ini berharap di masa yang akan datang akan terus eksis di bidang kepedulian sosial dan kemanusiaan. Sehingga saat dibutuhkan ketika bencana melanda daerah Bogor, mereka selalu siap membantu setiap waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Relawan